Tuesday, January 20, 2009

Tentang Marpati & Metamorfosis itu…






Ketika tahun kedua saya di SMA,Kakak kelas saya… Hhh… agak sulit kalau harus di beri Inisial. Inisial nya menjadi kurang etis untuk ditulis di sini, Oke, sebut saja namanya Boy,
Boy Hidayat lengkapnya (Kebayangkan inisialnya jadi apa?) berpacaran dengan sahabat yang juga teman sekelas saya N**a.

Suatu ketika dengan wajah oriental-broken heart K Boy – begitu saya biasa memanggilnya, berkata:
“Mbil, Kakak putus sama N**a” ujarnya dengan nada putus asa…
Hhmm… aku mengangkat alisku sesaat, lalu kembali meneggelamkan diri dibalik majalah Horison.
“Gembil! Kakak barusan berantem terus putus ama N**a…!!” pekik nya kesal.

“Terus…??!!” jawabku ga kalah nyolot, bukan karena ga suka dia berteriak, tapi lebih karena kesal dengan panggilan nya padaku itu lho… Gembil??! Huh!! Percuma aja Emak gue bikin nama sekeren Elita; Elita kata dasarnya Elite artinya Orang pilihan…!
Dalam referensi lain Elita itu diambil dari kata Litany yang berarti Serangkaian do’a.
Terus cuma karena pipi saya yang memang rada sedikit overload pada saat itu, ga bisa juga dijadikan sebuah kesimpulan saya ganti nama gitu donk…?! Enak ajah…!

“Kakak Janji ke N**a untuk ga akan mencari penggantinya selama 10 tahun…” cetusnya pelan.
Hueek…hueek…Chuiiing…!!! Maki saya saat itu… ini adalah kali yang ke 13 ½ putus nyambung mereka selama setahun pacaran.
Ga heran mereka adalah top score di sekolah ini dalam hal putus-nyambung.
Jadi, kenapa mesti saya yang ribet sech…?
Lagian 10 tahun itu masa yang panjang Boy…! Eh, Kak Boy… Jangan lebai gitu donk…!
“Masih banyak Ikan di laut Kak, mari kita memancing lagi…” Hiburku
“Ga, pokoknya Kakak bakal buktiin ke dia!” tegas nya sekali lagi.
Hahaha… aku terbahak dalam hati, memberi garansi bahwa status kejombloannya tidak akan bertahan lama. Maksimum garansi 3 bulan dech, aaah bahkan paling Cuma 3 hari udah balikan lagi ama N**a.
Kalo iya ini berarti yang ke 14½ kali nya!
“10 tahun,dek... tidak boleh ada nama yang akan berkuasa hati kakak...“ lirihnya sebelum berlalu dari hadapanku...
1998-nya Kak Boy kala itu.

1998 – Present; Negeri ini.
Lihat saja apa yang terjadi dengan negeri ini selama kurun waktu sepuluh tahun itu...
Begitu Sang jendral yang selama 32 tahun berkuasa itulengser keprabon, ada beberapa nama yang memerintah negeri ini,
Sebut saja BJ. Habibie, Gus dur, Megawati, terakhir SBY...
Semua bukan kebetulan atau tanpa alasan; life gosong... eh, goes On...!!
See..?Tidak boleh ada kekosongan kekuasaan disebuah Negara!

Bahkan United State of America ~ Negara yang sejujurnya tidak begitu saya sukai. Terutama setelah saya melihat Condoleezza Rice mengangkat tangan abstained sewaktu United Nation membahas kemungkinan perdamaian untuk konflik di jalur Gaza.
Sh*t…!!!
“Wait ‘till Ur Son n daughter bleeding by your own missile, Mom!!” Pekik saya geram.
Ok, USA Dalam rencana proses pelantikan presiden terpilih Barack Obama- si Anak Menteng itu (begitu istilah yang sering digunakan orang Indonesia akhir-akhir ini; Huh, Indonesian XL : X-tra Lebai…!!! )
Latest Update, Obama akan dilantik 4 menit sebelum masa kekuasaan Bush berakhir.
Sekali lagi demi keamanan negara, tidak boleh ada kekosongan pemerintahan dalam suatu negara; Menghindari kudeta...
That’s the point, People...!

So, for the same reason too, saya melakukan hal yang serupa.
Maka dalam kurun waktu 10 tahun itu ada beberapa nama yang sempat menghuni hati saya.
Swear... Cuma beberapa koq, Hehehe… cukuplah buat referensi.

Referensi?
Ah, tiba-tiba saja saya teringat Dode; teman kuliah saya yang berasal dari Bali itu pernah menyampaikan sebuah teori ngawur-ngawuran; yang akhirnya kami beri judul : “Metamorfosis in Relationship”
Jadi menurut Dode, dalam metamorfosis in relationship itu ada 3 tahapan:
“Koleksi, Seleksi, & Resepsi…”
“Koleksi itu perlu, darimana kita tahu kalo dia best of the best kalo kita ga punya pilihan lain coba? Iya kan Lit?” Begitu bisiknya dulu disela-sela kuliah entomologi di siang yang panas kala itu.
“Nah, dalam tahapan seleksi pilihan itu dipersempit sambil mengenal lebih jauh, kalo orang jawa bilang dilihat bibit,bobot,dan bebetnya laah…”
“Yang terakhir, resepsi… ”
“Gue udah tau!” potongku dengan mata melotot.
Aku pusing!
Pusing harus membagi isi kepalaku dengan 3 hal dalam waktu yang bersamaan.
1. Kuliah entomologi yang sedang membahas proses repetitive discharge yang terjadi pada serangga akibat insektisida jenis phyretroide.
2. Kuliah tambahan dari Dode tentang Metamorfosis itu.
3. Menahan kantuk!

Hhh…
Beberapa waktu yang lalu saya visit ke Blog nya K Boy, leave a message.
Seperti merpati ~ K Boy benar-benar menepati janji nya…

Beberapa waktu yang lalu juga saya bertemu Dode dalam sebuah resepsi Pernikahan teman sekelas.
Tampaknya saya dan Dode terjebak dalam fase yang sama dalam teori metamorfosis itu.
Seleksi!
Bedanya, Kemarin Dode masih menggandeng orang yang sama dengan orang yang Ia gandeng sewaktu teori itu kami kemukakan sekitar 3-4 tahun lalu...

Sementara saya?
Ada sebuah nama, nama yang berbeda dengan nama ketika teori itu kami kemukakan.
Sebuah nama yang berhasil meng- kudeta hati saya selama beberapa waktu terakhir ini...
Sebuah nama yang entah mengapa- saya yakin; tidak akan membawa saya pada kesempurnaan pada proses Metamorfosis itu...

Hhh...Biarlah,
Toh, setidaknya saat ini saya belum siap untuk benar-benar mengepakkan sayap,
~ entah sebagai merpati...
~ entah sebagai kupu-kupu...


* Thanks buat semua orang yang memberi inspirasi dalam hidup saya

10 comments:

  1. oh, ya...
    Satu hal lagi butterfly's pict nya saya pinjem dari salah satu official blog kampus tetangga
    inisialnya "F"
    ikhlasin nyak?

    ReplyDelete
  2. wah..wah..wah.. mbk elita nih pintar nulis juga yah :-)

    ngomong2 kenal saya n blog saya dr mana?

    salam kenal yah
    saya suka skali dgn tulisan mbk

    ReplyDelete
  3. wah kena royalti nih pasang pic butterfly disitu? just kidding :-)

    nice blog, tulisannya bagus2
    bisa dijadiin cerpen di majalah2 tuh

    ngomong2 kampus tetangga, mbknya mang kul dmn?

    ReplyDelete
  4. kan saya udah bilang, saya hobby menjajah blog orang lain,
    saya ngefans juga ama tulisan nya pak Ferry,
    terutama yang asian girl playing football
    hihihi...
    Sangat jujur n berani... hehehehe

    ReplyDelete
  5. Mbak Elita itu orang lama muka baru pey (eitss...sorry buka kartu). Dia itu penulis beken (it was...).

    ReplyDelete
  6. Just Forget The Passed an MOVE ON !

    ReplyDelete
  7. terima kasih kalo kakak dijadikan inspirasi menulis, terima kasih untuk mengingat semua ucapan kakak saat itu terima kasih untuk tetap setia mendengarkan kakak...

    terima kasih,. de...
    tulisan nya bagus, Bukan karena kamu nulis tentang aku loh, tapi emang bagus..

    ReplyDelete
  8. Huaaaa...!!! ketahuan ama yang punya Nama...!!!
    Hihihi... jadi malluuu...

    ReplyDelete